8 Museum di Jakarta Dengan Harga Masuk Termurah

Posted on

Museum merupakan tempat penyimpanan barang peninggalan sejarah dan sering dijadikan sebagai tempat sebagai sumber ilmu namun museum jarang dilirik oleh masyarakat dan dianggap membosankan padahal museum menyimpan banyak keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat-tempat lain.

Bagi anda yang tinggal di Jakarta dan bosan mengunjungi mall terus, bisa sesekali mengunjungi museum di Jakarta karena dengan harga tiket yang tidak lebih dari Rp 5.000 anda sudah bisa masuk dan mempelajari banyak hal tentang Indonesia sambil melepas penat. berikut adalah daftar museum lengkap di jakarta

  1. Museum Prangko Indonesia Pinang Ranti
  2. Museum Indonesia Tmii
  3. Museum Telekomunikasi Raya Taman Mini
  4. Galangan Kapal VOC Kakap Penjaringan
  5. Museum Textile KS. Tubun
  6. Museum Sejarah Jakarta Taman Fatahillah
  7. Museum Perumusan Naskah Proklamasi Imam Bonjol
  8. Museum Satria Mandala Gatot Subroto
  9. Museum Transportasi Tmii Lubang Buaya
  10. Museum Wayang Pintu Besar Utara
  11. Jembatan Gantung Kota Intan Tiang Bendera
  12. Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah
  13. Museum Bahari Pasar Ikan
  14. Museum Seni Rupa & Keramik Pos Kota
  15. Museum Polri Palatehan
  16. Museum Joang 45 Menteng Raya
  17. Museum Pancasila Sakti Jakarta Timur
  18. Museum M. H. Thamrin Kenari Kramat Raya
  19. Kompleks MenaraSyahbandar Penjaringan
  20. Museum Purna Bhakti Pertiwi Tmii
  21. Stasiun Kereta Jakarta Kota Taman Stasiun Kota
  22. Museum Bank Mandiri Lapangan Stasiun
  23. Museum Bank Indonesia Pintu Besar Utara
  24. Museum Nasional Medan Merdeka Barat
  25. Pelabuhan Sunda Kelapa Maritim
  26. Museum Prasasti Tanah Abang
  27. Gedung Candranaya Gajah Mada
  28. Museum Pusaka Tmii
  29. Gedung Arsip Nasional Gajah Mada

Daftar Museum di Jakarta yang Memiliki Harga Tiket Murah

Museum Sejarah Jakarta

Museum Batavia atau Museum Fatahillah dengan nama resmi Museum Sejarah Jakarta didirikan sekitar 1707-1710 merupakan pesanan Gubernur Jendral Johan van Hoorn sebagai Balai Kota Batavia yang dijadikan sebagai ruang pengadilan, kantor dan ruangan bawah tanah yang dijadikan sebagai penjara.

Gedung ini kemudian diresmikan sebagai museum pada 30 Maret 1974. Museum untuk mempelajari sejarah Jakarta ini memiliki berbagai koleksi mulai dari peninggalan sejarah, prasasti, pedang, dan replika patung menghiasi museum ini. terdapat pula sejarah tentang perlawanan bangsa terhadap Belanda, kedatangan bangsa Eropa dan lainnya.

  • Lokasi : Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.
  • Jam Operasional : Selasa s/d Minggu Pukul 9.00 – 15.00.
  • Harga Tiket : dewasa Rp 5.000,- , anak-anak Rp 2.000,-

Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional adalah sebuah gedung yang dibangun oleh Belanda untuk sekolah kedokteran bernama School tot Opleiding van Inlandsche Artsen yang disingkat menjadi STOVIA. Terdapat perlengkapan kesehatan, pakaian, lukisan, senjata, peta, patung, dan koleksi lainnya di dalam museum.

Banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik saat mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional antara lain mengenai budi pekerti, perjuangan organisasi pemuda, perkembangan kesadaran nasional, dan masih banyak lagi. Terdapat 6 ruangan di dalam museum yaitu asrama, ruang perkenalan, ruang pergerakan nasional, ruang pameran, ruang kedokteran, dan ruang awal kesadaran.

  • Lokasi : Jl. Abdul Rachman Saleh No. 26, RT.4/RW.5, Senen, Jakarta Pusat.
  • Jam Operasional : Selasa s/d Kamis Pukul 08.30 – 15.00, Jumat Pukul 08.30 – 11.30, Sabtu s/d Minggu Pukul 08.30 – 14.00
  • Harga Tiket : dewasa Rp 2.000,- , anak-anak Rp 1.000,-

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan museum tentang sejarah keuangan dan perekonomian Indonesia yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Secara lengkapnya museum ini berisi sejarah uang, perkembangan perbankan di Indonesia, perkembangan mata uang di Indonesia, dan juga terdapat diorema tentang perkembangan uang dan metode perbankan yang digunakan.

  • Lokasi : Jl. Jembatan Batu No. 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.
  • Jam Operasional : Selasa s/d Jumat Pukul 07.30 – 15.30, Sabtu s/d Minggu Pukul 08.00 – 16.00
  • Harga Tiket : Rp 5.000,- / orang
Museum Prasasti

Museum prasasti merupakan museum di Jakarta yang memiliki koleksi dari berbagai prasasti peninggalan Belanda mulai dari batu nisan tokoh terkenal seperti A.V. Michiels, Dr. H.F Roll, J.H.R Kohler, dan lainnya. Terdapat juga koleksi kereta jenazah antik dan miniatur alat makan khas dari 27 provinsi di Indonesia.

  • Lokasi : Jl. Tanah Abang I No. 1, RT.11/RW.8, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional : Selasa s/d Minggu Pukul 09.00 – 15.00
  • Harga Tiket : dewasa Rp 5.000,- , mahasiswa Rp 3.000,- , anak-anak Rp 2.000,-
Museum Wayang

Objek wisata ini dibangun di tanah yang pada dulunya merupakan gereja Belanda De Oude Hollandsche yang dibangun pada tahun 1640 kemudian pada tahun 1732 direnovasi dan berubah menjadi Nieuwe Hollandsche Kerk. Namun pada tahun 1808 gereja tersebut hancur akibat gempa bumi. Kemudian di lokasi ini dibangun museum wayang yang diresmikan pada tanggal 13 Agustus 1975. Di dalam museum ini masih terdapat beberapa bagian dari gereja lama.

Museum Wayang di Jakarta ini bukan hanya memamerkan koleksi wayang Indonesia dan sejarahnya melainkan juga terdapat wayang-wayang dari beberapa negara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Cina, hingga Perancis.

  • Lokasi : Jl. Lada No. 23, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.
  • Jam Operasional : Selasa s/d Jumat Pukul 09.00 – 15.00, Sabtu s/d Minggu Pukul 09.00 – 20.00
  • Harga Tiket : Rp 5.000,- / orang

Museum Nasional Republik Indonesia

Museum Nasional sering disebut sebagai Museum Gajah karena terdapat patung gajah di luar gedung. Museum ini yang terbesar pertama di Asia Tenggara dengan koleksi lengkap yang dikategorikan ke dalam perunggu, prasejarah, tekstil, relik sejarah, benda berharga, buku sejarah, etnografi, keramik, dan numismatik. Terdapat koleksi berupa benda kuno dari seluruh Nusantara seperti prasasti, arca, barang kerajinan, dan benda bersejarah lainnya bahkan terdapat arca Buddha dan Hindu tertua yang disimpan di dalam ruang perunggu dan arca batu.

Gedung ini dibangun pada 24 April 1778 diprakarsai oleh Ikatan Kesenian dan Ilmu Batavia yaitu Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. Ketua organisasi tersebut, J.C.M Radermacher kemudian menyumbang gedung tersebut yang berisi koleksi buku dan benda-benda bersejarah lainnya yang menjadi dasar dibangunnya Museum Gajah ini.

  • Lokasi : Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional : Selasa s/d Jumat Pukul 08.00 – 16.00, Sabtu s/d Minggu Pukul 08.00 – 17.00
  • Harga Tiket Perorangan : dewasa Rp 5.000,- , anak-anak Rp 2.000,-
  • Harga Tiket Rombongan (minimum 20 orang) : dewasa Rp 3.000,- , anak-anak Rp 1.000-
  • Harga Tiket Pengunjung Asing : Rp 10.000,-

Museum Seni Rupa / Museum Keramik

Salah satu museum antik di Jakarta ini dulunya merupakan Kantor Dewan Kehakiman Belanda yang dibangun pada 12 Januari 1870. Museum Seni Rupa menampil berbagai karya seni rupa dan keramik mulai dari berbagai daerah di Tanah Air baik tradisional maupun modern. Terdapat koleksi patung-patung langka seperti Totem Asmat bahkan karya seniman legenda seperti Affandi dan mantan Gubernur Jakarta, Henk Ngatung juga dipamerkan di museum ini.

  • Lokasi : Jl. Pos Kota, RT.9/RW.2, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta Barat.
  • Jam Operasional : Selasa s/d Kamis, Minggu Pukul 09.00 – 15.00, Jumat Pukul 09.00 – 14.30, Sabtu Pukul 09.00 – 12.30
  • Harga Tiket : Rp. 5.000,- / orang

Museum Tekstil

Museum tekstil dibangun di atas tanah seluas 16.410 meter persegi pada 28 Juli 1976 yang memamerkan koleksi tekstil tradisional Indonesia yang berjumlah sekitar 1000 buah terutama batik. Selain memamerkan batik kuno dan modern, museum ini juga memiliki kebun seluas 2.000 meter persegi dimana kita bisa belajar tentang pewarna alami untuk kain dari tanaman dan juga memiliki perpustakaan dan ruangan dimana kita bisa mencoba mengoperasikan alat tenun.

  • Lokasi : Jl. Aipda KS Tubun No. 2-4, Jakarta Pusat.
  • Jam Operasional : Selasa s/d Minggu Pukul 09.00 – 15.00
  • Harga Tiket : dewasa Rp 5.000,- , mahasiswa Rp 3.000,- , anak-anak Rp 2.000,-

Inilah 8 museum di Jakarta yang memiliki harga tiket masuk termurah yang bisa anda kunjungi. Dengan biaya yang murah anda bisa bersantai dan berjalan-jalan sambil belajar dan menambah ilmu dengan mengunjungi museum-museum tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *