Daftar Jenis dan Macam Teknik Metode Pengolahan Makanan di Indonesia

Kuliner975 Views

Pengolahan makanan merupakan proses yang penting dalam mempersiapkan hidangan. Ada banyak metode pengolahan makanan yang berbeda yang dapat digunakan tergantung pada jenis makanan dan hasil yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa macam metode pengolahan makanan yang sering digunakan:

Memasak

Memasak adalah metode pengolahan makanan yang paling umum. Dalam memasak, bahan makanan dipanaskan dengan air atau minyak hingga matang. Metode ini digunakan untuk memasak berbagai macam makanan, seperti nasi, pasta, sayuran, dan daging.

Photo by Anna Tarazevich

Ada banyak sumber olahan karbohidrat yang dimasak. Masakan olahan karbohidrat punya ciri bahan utama seperti jagung, kentang, tepung terigu, beras, dan bahan kaya karbohidrat lainnya seperti jagung bakar, bakwan, nasi jagung, kentang balado, perkedel, mie, roti, lontong, ketupat, dan nasi.

Mengukus

Mengukus adalah metode pengolahan makanan yang digunakan untuk memasak makanan dengan uap air. Dalam mengukus, makanan diletakkan di atas wadah dan dipanaskan dengan uap air yang dihasilkan oleh air yang dipanaskan di bawahnya. Metode ini sering digunakan untuk memasak sayuran, ikan, dan makanan khas Indonesia seperti nasi uduk.

Photo by Anna Tarazevich

Merebus

Merebus adalah metode pengolahan makanan dengan merebus bahan makanan dalam air mendidih. Metode ini sering digunakan untuk memasak pasta, kentang, dan sayuran seperti brokoli atau membuat soto dan sup.

Perbedaan soto dan sop adalah kalau soto merupakan sup tradisional khas indonesia yang dibuat dari kaldu sayuran dan daging dengan bahan isian seperti bawang goreng, kentang, dan daging dimasak secara terpisah kemudian dimasukan pada saat akan dihidangkan. Sedangkan sup adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan merebus berbagai bahan masakan lalu diberi bumbu untuk menambah rasa.

Photo by Markus Winkler

Dua jenis utama sup yaitu sup kental yang memiliki kaldu yang ditambah tepung dan dapat disajikan dengan atau tanpa isian padat lalu ada sup encer yang memiliki banyak isian padat serta kaldunya tidak kental.

Ada banyak aneka jenis sup pada masakan indonesia, termasuk soto. Berikut daftarnya:

  • Sup konro yang berisi bahan inti iga yang ukurannya lebih besar.
  • Sop iga yang terdiri dari iga yang dimasak sampai lunak.
  • Sup kimlo yang berisi suwiran ayam, bunga sedap malam, kembang tahu, sohun, jamur kuping, dan irisan wortel.
  • Sop buntut yang memiliki bahan inti potongan ekor sapi yang dimasak lunak.
  • Soto yang terbuat dari bahan inti kaldu sayuran dan daging dengan ragam isian sesuai daerah asalnya seperti coto makassar, soto madura, dan soto betawi.

Selain soto dan sup, ada sayuran yang biasanya direbus terlebih dahulu sebelum dihidangkan seperti salad. Salad selada adalah makanan yang terdiri aneka jenis sayuran yang dihidangkan dalam satu piring. Dalam menambah cita rasa, salad biasanya dimakan dengan saus thousand island dan mayones atau bisa langsung dimakan. Salad juga bisa ditambahkan bahan lain seperti daging dan buah.

Sebenarnya banyak masakan tradisional indonesia yang bisa digolongkan sebagai salad seperti urap yang terdiri sayuran mentah dengan saus parutan kelapa dan bumbu kencur, cabe, dan bumbu lainnya, karedok dengan berbagai sayuran mentah disiram sambal kacang, lotek terbuat dari sayuran rebus dengan sambal kacang yang lebih manis. Sambal kacang lotek ditambah bawang putih, gula merah, dan terasi, gado-gado yang yang berisi aneka sayuran rebus dengan sambal kacang bisa ditambah kentang rebus dan telur, dan pecel yang berisi sayuran rebus dan sambal kacang.

Memanggang

Memanggang adalah metode pengolahan makanan yang dilakukan dengan memasak makanan dalam oven atau di atas api terbuka. Metode ini sering digunakan untuk memanggang daging, ikan, sayuran, dan roti.

Photo by RODNAE Productions
Menggoreng

Menggoreng adalah metode pengolahan makanan dengan memasak bahan makanan dalam minyak yang sangat panas. Metode ini sering digunakan untuk memasak makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, dan gorengan.

Photo by Ron Lach

Membakar

Membakar merupakan metode pengolahan makanan dengan menggunakan api langsung atau api terbuka atau bisa dibilang proses memasak yang dilakukan dengan cara menaruh langsung masakan ke sumber panas seperti bara api. Fungsi metode pembakaran untuk memberikan aroma asap yang khas, meenghasilkan corak kecokelatan pada masakan sehingga membuat tampilan masakan menjadi lebih menarik, serta agar proses memasak menjadi cepat dan kering.

Photo by Lantip

Metode ini sering digunakan untuk memasak makanan seperti sate, steak, dan roti bakar. Alat yang digunakan adalah tungku pembakar yang menggunakan bara api langsung. Bisa juga menggunakan tungku pembakar berbahan bakar gas atau listrik.

Ada banyak hidangan yang dimasak menggunakan proses pembakaran, diantaranya yaitu:

  • aneka jenis ayam bakar seperti ayam bakar bumbu rujak, ayam bakar kecap, dan lainnya.
  • Otak otak yang terbuat dari daging ikan cincang dicampur bumbu dan tepung lalu dibungkus daun pisang dan dibakar.
  • Pepes yang dimasak dengan cara dibungkus bersama bumbu di dalam daun pisang kemudian dibakar.
  • Sate yang terdiri dari daging yang ditusuk dengan tusukan kecil dan dibakar. Jenisnya bermacam-macam sesuai kekhasan daerah seperti sate padang, sate lilit, sate madura, dan lainnya.

Selain hidangan diatas, masakan yang menggunakan metode pembakaran yaitu sate. Sate adalah masakan tradisional indonesia yang terbuat dari daging yang diiris kecil, diberi bumbu, ditusuk, dan dipanggang di atas bara api.

Sate di indonesia sangat beragam. Beberapa ciri umum yang dapat ditemui dari berbagai macam sate di Indonesia biasanya disiram dengan saus bumbu, dimasak dengan cara dipanggang, dan berukuran kecil untuk irisan daging yang ditusuk biasanya hanya satu sampai dua sentimeter.

Adapun jenis sate yang dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia seperti sate banjar yang menggunakan daging ayam filet dan bumbu pecel, sate lilit yang terdiri dari daging babi, sapi, atau ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu khas bali kemudian dililitkan pada tusuk sate, sate padang yang berisi daging kambing atau sapi dengan bumbu saus kuah kuning kental, dan sate madura yang menggunakan daging ayam dan saus kacang.

Fermentasi

Fermentasi merupakan metode pengolahan makanan dengan membiarkan bahan makanan mengalami proses penguraian oleh mikroorganisme tertentu atau proses mikroorganisme atau bahan organik lain seperti enzim mengubah kandungan karbohidrat (gula dan pati) yang terdapat pada makanan menjadi alkohol atau asam. Mikroorganisme yang sering kali digunakan adalah ragi.

Photo by Antoni Shkraba

Fermentasi dilakukan untuk mengawetkan makanan secara alami. Fermentasi dapat memberi rasa yang kuat dan kekenyalan pada makanan. Metode ini sering digunakan untuk membuat makanan seperti tempe, keju, dan kimchi.

Ada banyak makanan hasil fermentasi yang dapat ditemui di Indonesia seperti terasi yang berbahan dasar udang rebon, brem yang terbuat dari beras ketan atau air tape ketan yang dipanaskan dan ditambah asam organik, oncom hitam yang berasal dari ampas kacang tanah, oncom merah yang dibuat dari ampas tahu, tape berbahan dasar singkong, serta tempe yang terbuat dari kacang kedelai.

Marinasi

Marinasi adalah metode pengolahan makanan dengan merendam bahan makanan dalam campuran bahan-bahan tertentu seperti rempah-rempah, cuka, dan minyak. Metode ini sering digunakan untuk memperbaiki rasa dan memperbaiki tekstur daging dan ikan.

Photo by Los Muertos Crew

Metode pengolahan makanan yang digunakan tergantung pada jenis makanan dan hasil yang diinginkan. Setiap metode pengolahan makanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan dengan memilih metode yang tepat dapat membantu menghasilkan hidangan yang lezat dan bergizi.

Pertanyaan

Sebutkan alat yang digunakan untuk proses pembakaran?
Sebutkan contoh bahan makanan yang kaya karbohidrat?
Apa yang dimaksud dengan salad?
Sebutkan definisi sup?
Apa itu fermentasi?
Apa itu proses pembakaran?
Sebutkan salad tradisional khas indonesia?
Apa itu masakan olahan karbohidrat?
Sebutkan bahan yang bisa ditambahkan pada salad?
Sebutkan salad yang menggunakan parutan kelapa?
Apa bahan untuk proses fermentasi?
Apa saja nama sop yang memiliki isian iga?
Apa saja masakan yang terbuat dari hasil fermentasi kacang kedelai?
Apa nama sate yang dibumbui saus kuah kuning kental?
Sebutkan nama sop yang berisi aneka ragam isian?
Apa saja yang tidak termasuk masakan hasil fermentasi?
Apa saja nama masakan olahan karbohidrat yang berasal dari kentang?
Sebutkan jenis sate yang menggunakan bumbu saus kacang?
Sebutkan cara menambah cita rasa pada salad?
Masakan apa yang dibuat dari fermentasi udang rebon?
Apa nama jenis sup yang disajikan tanpa isian padat?
Sebutkan jenis sate di indonesia?
Apa fungsi fermentasi pada makanan?
Apa nama masakan yang berupa daging yang ditusuk kecil dan dibakar?
Sebutkan sate yang bukan berasal dari Indonesia?
Apa itu sate?
Apa manfaat proses pembakaran ketika memasak?
Sebutkan ciri umum sate di Indonesia?
Sebutkan makanan yang dimasak dengan proses pembakaran?
Sebutkan masakan yang termasuk jenis sup?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *